Saturday, March 22, 2014

Cara Menentukan Akord Gitar



Hai semua para pecinta musik. Kali ini aku akan berbagi ilmu dengan kalian. Sesuai dengan judulnya yaitu “Menentukan Akord Gitar” jadi kali ini aku akan membahasnya. Gak perlu banyak bicara lagi. Ini tips buat kalian.
1.    Terlebih dahulu kalian harus tahu nada dasar gitar. Maksud dari nada dasar sendiri adalah jika senar dipetik tanpa ditekan sama sekali akan berbunyi nada. Misal senar 1 jika dipetik tanpa ditekan akan berbunyi E / 3. Berikut gambarnya.

2.    Tiap bergeser satu kolom (ke kolom dengan angka lebih besar, maksudnya ditekan), maka nada akan naik ½. Jadi kalian juga harus tahu jarak antar nada.
Tiap nada umumnya berjarak 1, tapi untuk B ke C dan E ke F hanya berjarak ½.
3.    Setelah mengetahui tentang nada dasar gitar dan jaraknya. Yang pelu kalian ketahui juga adalah akord asli nada.
4.    Kita misalkan saja mencari akord A. Kita gunakan akord aslinya yaitu A - Cis - E.
5.    Kita cari mulai senar 1. Jika terdapat salah satu dari tiga nada tersebut, maka abaikan (tidak perlu ditekan).
6.    Lalu ke senar 2. Pada akord A tidak terdapat B jadi kita cari akord terdekat dengan B yakni Cis di kolom selanjutnya. Ingat! Tiap kolom nadanya naik setengah. Karna B ke Cis naik 1, jadi tekan senar di kolom ke 2, dst.

Terkadang beberapa akord sulit untuk ditekan jika mengikuti cara diatas. Kita misalkan saja akord B. Jika mengikuti cara diatas, berarti jadinya seperti gambar di bawah ini.

Kita akan kesulitan untuk menekan. Beberapa tips ini mungkin bisa membantu.
1.    Gunakan akord sebelum akord tersebut. Jika B maka gunakan akord A.
2.    Karena A ke B naik 1 nada, maka akord A bergeser 2 kolom. Senar 1 juga otomatis bergeser 2 kolom jadi seperti di bawah ini.

3.    Dengan begitu, akan lebih mudah ditekan bukan?
4.    Selamat mencoba.

Kalian juga bisa belajar memainkan gitar sekarang.

Do'nt forget to comment. Thanks for invite my blog :) Semoga yang telah didapat menjadi bermanfaat. Kapan-kapan mampir lagi ;)

No comments:

Post a Comment