Saturday, March 22, 2014

Cara Mudah dan Sederhana Belajar Memainkan Gitar untuk Pemula


Hai semua para pecinta musik. Kali ini aku akan berbagi ilmu dengan kalian. Setelah belajar menentukan akord, sekarang kita akan belajar cara memainkannya. Gak perlu banyak bicara lagi. Ini tips buat kalian.

1.    Mulailah dengan menghafal beberapa akord terlebih dahulu. Kalau aku menghafalkan C D G Em dan Am karena itu yang paling sering digunakan nantinya. Jika kalian sudah dapat menentukan Akord sendiri, akan jadi lebih mudah untuk menghafalkan.
2.    Setelah hafal beberapa Akord. Carilah akord gitar musik kesukaan kalian. Cari akord yang hanya terdapat C D G Em dan Am saja untuk memudahkan kalian. Jika tidak ada, cari versi 2, 3, dst. Aku pertama kali memainkan Let it Go – Demi Lovato.
3.    Iringi dengan musik versi asli atau versi akustik terlebih dahulu. Jika kalian mengiringi musik itu akan lebih mudah. Jika kalian menyanyi sendiri tanpa diiringi musik, itu akan mempersulit kalian yang harus menyanyi sambil menghafal akord.
4.    Lihat teman atau saudara kalian yang sudah mahir bermain gitar. Lihar caranya bermain. Tirulah sediki demi sedikit. Ini cara pilihan, kalian bisa menggunakan ini atau tidak. Tapi ini bisa sangat membantu.
5.    Jika kalian sudah hafal, cobalah menyanyi sendiri tanpa diiringi musik. Jika belum bisa menyesuaikan coba kembali cara 3.
6.    Buatlah target, seperti bisa memainkan satu musik dalam satu minggu. Dengan target tersebut, kalian akan rajin berlatih.
7.    Jika sudah dapat memainkan satu musik, jangan menghentikan latihan. Cari musik lain lagi. Kali ini coba carilah akord yang lebih bervariasi. Seperti F dan Bm. Dengan begitu akord yang kalian ketahui akan bertambah.

Teruskan latihan kalian. Jangan mudah menyerah. Jujur saja aku juga masih amatir dan aku akan terus berlatih.

Do'nt forget to comment. Thanks for invite my blog :) Semoga yang telah didapat menjadi bermanfaat. Kapan-kapan mampir lagi ;)

No comments:

Post a Comment