Saturday, March 22, 2014

Akord Musik



Akord adalah kumpulan tiga nada atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan terdengar harmonis. Akord bisa dimainkan secara terputus-putus ataupun secara bersamaan. Akord ini digunakan untuk mengiringi suatu lagu. Ketika kalian menekan tiga tuts piano C, E dan G secara bersamaan, ini berarti kalian sudah memainkan akord. Contoh alat musik lainnya yang bisa memainkan akord adalah gitar (akustik dan listrik), organ, electone.

Macam - Macam Akord

Akord itu banyak macamnya. Antara lain akord mayor, akord minor, akord dominan septim, akord diminished, akord augmented, akord minor 6, akord mayor 7, akord suspended dan masih banyak yang lainnya. Akord yang paling sering dipakai dalam suatu lagu yang sederhana adalah akord mayor, akord minor dan akord dominan septim. Akord lainnya digunakan untuk memperindah atau mengubah kualitas suatu lagu. Penyisipan akord yang berbeda akan memberikan efek rasa yang berbeda dalam iringan suatu lagu.
Di sini aku hanya memberikan Acord Mayor dan Minor saja.
Mayor
Akord mayor adalah akord yang interval antara nadanya 2 dan 1½
Acord
Asli
Balikan I
Balikan II
C
c - e - g
e - g - c
g - c - e
D
d - fis - a
fis - a - d
a - d - fis
E
e - gis - b
gis - e - b
e - b - gis
F
f - a - c
a - c - f
c - f - a
G
g - b - d
b - d - g
d - g - b
A
a - cis - e
cis - e - a
e - a - cis
B
b - dis - fis
dis - fis - b
fis - b - dis
Minor
Akord minor adalah akord yang interval antara nadanya 1½ dan 2 atau kebalikan dari Mayor. Jika kalian sudah tahu suatu akord mayor misalnya; C mayor maka kalian bisa mengetahui pula akord minornya (C minor) yaitu dengan cara menurunkan nada yang ada di tengah sebanyak setengah interval.
Acord
Asli
Balikan I
Balikan II
Cm
c - es - g
es - g - c
g - c - es
Dm
d - f - a
f - a - d
a - d - f
Em
e - g - b
g - b - e
b - e - g
Fm
f - as - c
as - c - f
c - f - as
Gm
g - bes - d
bes - d - g
d - g - bes
Am
a - c - e
c - e - a
e - a - c
Bm
b - d - ges
d - ges - b
ges - b - d

Setelah tahu tentang akord, kalian dapat menentukan sendiri acord gitar dan piano.

 Do'nt forget to comment. Thanks for invite my blog :) Semoga yang telah didapat menjadi bermanfaat. Kapan-kapan mampir lagi ;)

No comments:

Post a Comment